import-blogBagi Anda yang sebelumnya telah memiliki blog di http://blog.uin-malang.ac.id atau blog wordpress lainnya, Anda dapat dengan mudah mengimport konten dari blog lama Anda tersebut ke blog yang baru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke blog lama Anda, masuk ke halaman Admin (Dashboard), kemudian pilih sub menu “export” di bawah menu “tools”.
  2. Pilih “All Content untuk mengexport semua konten blog lama Anda, atau Anda dapat memilih hanya “Post” atau “Page” saja. Selanjutnya akan muncul halaman pop-up untuk menyimpan file XML dari blog lama Anda. Simpanlah file ini.
  3. Login ke blog baru Anda, kemudian masuk ke halaman Admin (Dashboard). Pilih menu “plugin” untuk memastikan bahwa plugin “WordPress Importer” telah diaktifkan. Apabila langkah ini sudah pernah dilakukan, maka Anda dapat melewatinya.
  4. Setelah memastikan plugin “wordpress importer” aktif, pindah ke sub menu “import” di bawah menu “tools”. Pilih “wordpress” dari list sistem yang akan diimport.
  5. Upload file XML dari blog lama yang telah Anda export sebelumnya dengan klik pada tombol “choose file”.
  6. Pilih “user” dari list yang tersedia, dan jangan lupa centang checkbox “import attachment” untuk mengimport file attachment dari blog lama ke blog baru.
  7. Proses import akan membutuhkan waktu beberapa lama tergantung dari koneksi jaringan Anda serta banyaknya konten dari blog lama Anda. Setelah proses import selesai, akan muncul pemberitahuan “All done, Have Fun”.

Untuk panduan import blog lama ke blog baru yang disertai ilustrasi gambar, silakan unduh file pdf berikut panduan-import-blog.